Senin, 18 Agustus 2014

PR Presiden Baru Soal PNS: Pelayanan Publik Harus Lebih Baik

Jakarta -Presiden baru punya setumpuk tugas berat yang telah menanti, salah satunya adalah soal Aparatur Sipil Negara (ASN) baik Pegawai Negeri Sipil (PNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Tasdik Kinanto menegaskan, pemerintahan baru harus bisa menciptakan pelayanan publik yang semakin memuaskan.

"Negara yang maju cirinya adalah pelayanan publiknya bagus. Keberadaan dan kehadiran negara bisa dirasakan masyarakatnya," kata Tasdik di kantor Kemen PAN RB, Jakarta, seperti dikutip Selasa (19/8/2014).

Tasdik menuturkan, agar keberadaan negara dapat dirasakan oleh masyarakat, maka pembenahan di bidang sumber daya manusia aparatur negara adalah hal yang mutlak. Menurutnya, penyelenggaraan layanan masyarakat oleh negara harus dilakukan seperti menjalankan sebuah perusahaan.

"Ada sistem pengawasan yang jelas terhadap aparatur negara sehingga pelayanan publik jadi lebih baik. Proses-proses perizinan harus dipermudah, diperjelas, dipersingkat. Nggak ada lagi PNS yang lelet dalam memberikan pelayanan, apalagi sampai mempersulit," tegasnya.

Untuk itu, Tasdik meminta agar pemerintahan baru dapat meneruskan reformasi birokrasi yang telah dimulai pada masa pemerintahan ini. "Dalam Undang-undang ASN semua sudah tertuang, sudah diatur dari mulai perekrutan aparatur negara sampai pemberhentiannya. Pemerintah yang baru tinggal melanjutkan. Yang sudah terlaksana dengan baik harus diawasi, yang belum harus dilaksanakan," paparnya.

Sumber : 
http://finance.detik.com/read/2014/08/19/094354/2665978/4/pr-presiden-baru-soal-pns-pelayanan-publik-harus-lebih-baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar